Tips-Tips Pernikahan Dengan Konsep Outdoor

Pernikahan Dengan Konsep Outdoor

Momen pernikahan memang semestinya dilaksanakan hanya sekali dalam seumur hidup. Setiap pasangan acapkali mengharapkan bisa mendapatkan satu konsep pesta pernikahan yang menarik dan berkesan sehingga menjadi momen yang tak terlupakan. Baik bagi pengantin maupun bagi tamu undangan yang hadir. Salah satu konsep yang sedang kekinian bagi pasangan muda adalah pesta pernikahan outdoor. Konsep luar ruangan ini dianggap menarik dibandingkan dengan pernikahan biasa yang dilakukan di dalam ruangan dengan menyewa gedung dan lain-lain. 

Jika Anda dan pasangan ingin melaksanakan pernikahan di luar ruangan. Pastinya pesta pernikahan ini membutuhkan lebih banyak hal yang harus diperhatikan hingga hal-hal kecil sekalipun. Nah, berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan agar wedding party Anda berjalan dengan lancar.

Mempertimbangkan Faktor Cuaca

Saat berencana untuk mengadakan acara pesta pernikahan dengan konsep outdoor, tips pertama yang sangat krusial diperhatikan adalah cuaca. Memantau prakiraan cuaca dalam jangka waktu yang panjang sebelum menetapkan tanggal pernikahan Anda. Solusinya, Anda bisa mengecek terlebih dahulu website yang berkaitan dengan prakiraan cuaca selama beberapa bulan. Website ramalan cuaca yang bisa Anda kunjungi misalnya website resmi miliki BMKG, cuaca.mirbig.net atau web lainnya yang resmi. 

Anda juga harus selalu memeriksa ramalan cuaca di web tersebut pada hari-hari menjelang pesta pernikahan untuk dapat mengetahui perkembangan terakhir dan situasi cuaca di hari mendatang. Anda juga bisa memberitahukan rencana alternatif kepada para tamu undangan melalui kartu undangan pernikahan Anda, agar mereka juga dapat berjaga-jaga. Sebaiknya jika Anda ingin mengadakan acara pernikahan outdoor, laksanakanlah pada saat musim kemarau berlangsung.

Memperhatikan Kondisi Kesehatan

Jika Anda termasuk salah seorang yang menderita alergi, seperti alergi cuaca dingin maupun gigitan serangga, maka sebaiknya Anda harus lebih waspada apabila ingin mengadakan  pernikahan outdoor. Alangkah lebih baik jika Anda dan pasangan telah mempersiapkan sedemikian rupa agar pesta pernikahan berjalan dengan lancar. Sediakan obat anti alergi atau konsumsi obat tersebut sebelum acara pernikahan Anda dilaksanakan.

Memilih Busana yang Tepat

Pastikan gaun atau jas pernikahan yang Anda kenakan terasa nyaman dan sesuai dengan konsep pernikahan Anda. Untuk perempuan, gunakan gaun yang cukup ringan, memudahkan dan membebaskan Anda untuk bergerak leluasa. Sedangkan untuk pemilihan sepatu, jenis high heels sepertinya bukan pilihan yang tepat dipakai dalam pesta pernikahan outdoor. Pilihlah jenis wedges yang pendek atau datar yang bisa memudahkan Anda untuk bergerak atau bahkan dengan tidak menggunakan alas kaki sekalipun di sepanjang pesta pernikahan bukan merupakan ide yang buruk untuk dilakukan dalam konsep pernikahan outdoor.

Memastikan Kenyamanan Tamu Undangan


Para tamu undangan adalah alasan utama dalam mengadakan wedding party. Jadi, rasa nyaman mereka harus menjadi hal yang prioritas dan menjadi perhatian serius. Dengan mengecek apakah tempat duduk mereka sudah memadai dan tidak terganggu dengan cuaca yang terlalu panas, terlalu dingin atau angin kencang? Apakah posisi tempat duduk mereka memungkinkan untuk dapat melihat prosesi upacara pernikahan dan berbagai rangkaian acara lainnya dengan baik. Jangan sampai kursi para tamu dihadapkan dengan sinar matahari, karena hal tersebut akan membuat mereka merasa kurang nyaman. Lalu akses jalan juga mesti diperhatikan. Apakah akses jalan akan membuat para tamu kesulitan untuk mencapai tempat berlangsungnya acara? Apakah lahan parkir untuk para tamu undangan sudah cukup dekat? Jangan melupakan juga akses-akses lainnya seperti toilet, listrik dan juga air bersih, jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh para tetamu.

Hidangan Makanan

Agar makanan yang dihidangkan dalam pernikahan tetap terjaga, dalam berbagai kondisi cuaca menjadi salah satu masalah tersendiri yang harus dipikirkan saat mengadakan pesta pernikahan outdoor. Anda sebelumnya dapat melakukan diskusi dengan pihak katering tentang keamanan pelayanan dan juga penyajian makanan. Akan lebih baik jika sejak awal mempertimbangkan semua kemungkinan paling buruk yang bisa saja terjadi, sehingga makanan yang dipersiapkan tidak mubazir.

Jika fasilitas yang tersedia tidak memungkinkan untuk para tamu menyantap makanan di luar, terkadang akan jauh lebih mudah jika acara akad nikahnya saja yang dilakukan di luar ruangan. Kemudian kembali ke dalam ruangan untuk menyajikan makanan bagi tamu undangan pernikahan. Meskipun jika seperti ini malah membuat konsep outdoornya terasa setengah-setengah.

Pemilihan Waktu dan Tempat yang Pas

Setiap pasangan pasti memiliki kesepakatan untuk memilih waktu untuk pelaksanaan pernikahan, entah siang, sore atau malam hari. Pastikan Anda dan pasangan mempertimbangkan hasil foto di pelaminan, hindari pemilihan waktu yang membuat fotografer sulit untuk memfokuskan gambar dan membuat hasilnya tidak maksimal. Misalnya saat sinar matahari terlalu terang di siang hari atau kurangnya lighting di malam hari.

Pertimbangkan juga kebutuhan lain seperti lubang-lubang api dan persediaan minuman hangat jika Anda memilih venue yang cukup dingin. Jika memungkinkan, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu tempat dan lokasi pesta pernikahan Anda sebelumnya agar dapat memastikan kenyamanan tamu undangan.

Siapkan Plan B

Mungkin ini cara yang cukup penting dari perencanaan acara pernikahan outdoor. Dengan membuat plan b dan mempersiapkan fasilitas indoor juga karena sekarang cuaca sedang tidak bisa diprediksi.

Inilah sekilas mengenai tips yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk konsep pernikahan outdoor. Disarankan agar Anda selalu menggunakan wedding organizer atau tenaga pernikahan yang profesional dengan segala informasi yang dibutuhkan  untuk membuat perubahan yang terjadi mendadak dalam lokasi karena cuaca yang tidak menentu.